Sunday, November 19, 2006

Day 20

Semarang, Minggu, 19 November 2006

Ini Hari Minggu kedua aku ngga kebaktian. Ehm... rasae sedikit aneh. Tapi kalo mau jujur sih, perasaan kangen itu malah ngga sebanyak Minggu lalu. Takut sih... jangan-jangan aku mulai jauh dari Tuhan? But thank God bacaan kemaren malem mbuat aku penasaran tingkat tinggi. Akhirnya barusan aku coba-coba belajar mendalami bacaan kemaren malem.

Bacaan kemaren dari Bilangan 22. Hal yang menarik ada di ayat 20-35.Tapi musti baca keseluruhan dulu sebelum isa ngerasa ada hal yang 'janggal'. Bagian ini mengisahkan tentang Bileam. Aku coba cerita kisah singkatnya.

Pada saat itu Israel baru saja mengalahkan bangsa Amori. Trus Israel pigi ke Moab. Nah, Raja yang sedang bertahta saat itu adalah Balak bin Zipora. Wuih... Balak ini ngeri, ngeliat Israel yang banyaknya sampe nutupi permukaan bumi. Balak juga ngeliat gimana Israel mengalahkan Amori. Trus Balak mengirim utusan ke Bileam.

Maunya nih Bileam disuru mengutuk Israel. Soalnya Bileam ini terkenal sebagai tukang tenung:siapa yang diberkati akan beroleh berkat, yang dikutuk akan beroleh kutuk (ayat 6-7). Trus utusan-utusan Balak pun berangkatlah menemui Bileam. Setelah pesan Balak disampaikan ke Bileam, Bileam minta semalem buat cari tahu apa yang Tuhan mau. Pada malem harinya Tuhan datang kepada Bileam. Setelah bincang-bincang dengan Tuhan, jawabannya: Tuhan ngga kasi ijin buatBileam berangkat bersama utusan Balak (ayat 8-12).

Akhirnya utusan Balak kembali dan menyampaikan jawaban Bileam. Balak ngga nyerah. Diutus kembali utusannya yang kali inijumlahnya lebih banyak, dan jabatannya lebih tinggi lagi. Plus tawaran 'bayaran' yang lebih gede lagii. Nah, lho! Sapa yang ngga tergiur? Didatengin orang-orang penting. Banyak pula. Plus dengan bayaran yang sangat lebih banyakkk. Lagian yang dilakuin ngga susah-susah amat. Kan emang udah jadi mata pencaharian sehari-hari tuh. Namun yang aku salut nih, jawab Bileam di ayat 18:"Sekalipun Balak memberikan kepadaku emas dan perak seistana penuh,aku tidak akan sanggup berbuat sesuatu,yang kecil atau yang besar, yang melanggar titah Tuhan Allahku." Selanjutnya Bileam minta waktu semalem buat menanyakan kepada Tuhan.

Akhirnya Tuhan menyuruh Bileam ikut dengan para utusan Balak. Lihat ayat 20. Baca baek2. Bener kan? Tuhan menyuruh Bileam ikut?
Nah, bagian yang sangat menarik bagiku:
Di ayat 21 Bileam pergi, sesuai dengan yang Tuhan perintahkan.
Namun di ayat 22 murka Allah bangkit. Nah, bingung yah? Di bagian ini seakan-akan Allah nggak konsekuen dengan perkataanNya sendiri.
Namun setelah aku pikir2 mungkin gini:Allah udah ngeliat adanya perubahan motivasi Bileam. Pergeseran motivasi terjadi (baca 2Petrus 2:15-16). Akhirnya Tuhan mengirimkan MalaikatNya untuk menegur Bileam. Sampe tiga kali Malaikat Tuhan menghadang jalan Bileam. Namun tiga kali pula keledai tumpangan Bileam berusaha menghindari Malaikat Tuhan. Bila keledai Bileam tidak menghindar, maka bisa dipastikan Bileam sudah mati. Malaikat Tuhan tersebut menghadang dengan pedang terhunus. Tiga kali di sini menunjukkan kekurangpekaan Bileam. Bisa jadi kekurangpekaan Bileam disebabkan oleh adanya 'upah yang sangat banyak' itu tadi. Setelah akhirnya Bileam dibukakan penglihatannya. Dan melihat Malaikat Tuhan, Bileam sadar (ayat 34). Bileam mengaku dosa dan mau pulang saja.
Namun di ayat 35 Malaikat Tuhan menyuruh Bileam untuk meneruskan perjalanannya. Akan tetapi dengan sekali lagi peringatan disampaikan kepada Bileam. Agar Bileam mengatakan apa yang Tuhan katakan. Hal ini merupakan pengulangan dari ayat 20.

Nah, apakah Bileam sanggup melakukan yang Tuhan inginkan?
Kita nantikan episode berikutnya.
Hahahaha kayak sandiwara radio aja yah.
Kalo ngga sabar nunggu ya baca aja sendiri Bilangan 23 dst.

Aku bersyukur buat hari ini.
Buat Tuhan masih kasi sense 'penasaran' yang akhirnya mendorong aku buat belajar firman dengan lebih dalem lagi.
Bersyukur buat Roh Kudus yang udah pimpin sehingga bisa dapet hikmat pengenalan yang lebih lagi akan Tuhan Allah.
Kalo ngga ada Roh Kudus bisa-bisa tafsirannya jadi sesat dong. Hehehe.
Yah moga-moga aja yang aku share kan di sini bisa memberkati kita semua :)

Lanjut ke kegiatan hari ini. Tadi pagi abis bangun, sarapan. Trus brusaha nge'rakit' juicer. Mama pesen aku disuru mbenerin. Soalnya kalo mama yang nge'rakit' ada yang kurang pas gitu. Aih aihh... aku mikir emang aku isa lebih baek dari mama? Mama kan super isa... lebih banyak akal...
Yah udah deh aku coba.Bolak-balik buku petunjukknya.
Ngga seberapa ngebantu tuh. Ada gambarnya tapi tetep aja kurang jelas. Rasanya ada yang ngga pas emang. Akhirnya aku brusaha sekuat tenaga akhirnya isa! Horee. Masalahnya sekarang jadi kenceng banget tuh. Hahahaha. Gawats deh. Ngga bisa dilepas sama sekali. Astagaaa. Gimana nih?
Akirnya ya tunggu mama pulang n nunggu comment dari nya. Hehehe. Setelah diotak-atik bersama horeee! Berhasil berhasil!!
Ternyata bener kata pepatah two heads are better than one.
Masalah juicer beress. Besok pagi minum juice dari juicer baru.
Fyi yang lama kata mama pisau nya udah ngga tajem.
Jadi banyak ampas yang ngikut (benernya ngga masalah sih bagi aku).

Trus siang biasa lah ritual pembersihan muka :)
Makan siang dll. Baca buku. Kali ini baca buku Nenek Botol Merica. Hehehe.
Udah abis tuh. Trus tadi mbuat kalkulasi biaya produksi permintaan klien, ada yang mau mbuat cover CD. Sabtu sore telp.
Trus iseng2 mbuat lirik lagu natal. Huehehe. Mau tau?
Kalo mau tau tunggu yah. Sik belum selesai nih. Bagian refrain nya belum. Hahahaha. Gaya banget tuhh.
Natal beberapa tahun yang lalu udah merilis lagu bareng Dwina n Wenny.

Natal tahun ini begitu berkesan
Bintang-bintang bertaburan
Mengapa oh mengapa
Hanya ada satu bintang
Mengapa.... oh mengapa

Ndak mutu banget yah?
Lagipula ngga nyambung. Hahahahahaha.Yah paling ngga lagu ini berkesan lho!Buktinya sampe sekarang aku masih inget liriknya. Hahahaha.
Nadanya juga inget dikit2 lho! Hehehehe. (bangga! ternyata memoriku abis buat hal-hal yang ngga mutu sungguan nih hehehe)

Udah deh. Mau makan nih. Udah malem.Misih minum obat :)
Ohya, pembaca setia! Doain juga buat emak yah.

Emak ini masih perawatan di RS.
Tunggu sekitar 5 hari lagi hasilnya.
Doain aja semuanya baek-baek.
Emak ngga ngerasa sakit-sakit melulu.
Ngga perlu operasi lagi.
Thanks a lot yah.

No comments: