Saturday, October 13, 2007

Ikan-ikan

Akhirnya beberapa waktu yang lalu kokoku uda beli ikan lagi. Mulanya 10 ekor tapi sekarang tinggal 4 ekor. Pada tewas semua. Nah, beberapa hari terakhir ini... (berhubung ngga ada makhluk hidup laen yang ada di deket2 aku) sering ngeliatin ikan2 itu. Bertanya-tanya, "Kira2 makanan yang aku kasi ini udah cukup atau belum ya? Kalo ngga cukup mereka musti cari makan di mana? Kalo aku kasi kebanyakan, mereka makan terus... lantas mereka jadi obesitas dong... Hahahaha..."

Aku ngga bakal pernah bisa tau apa yang mereka (ikan2 itu) pikirkan dan rasakan.
Apa yang terbaik buat mereka. Yang aku anggap terbaik bisa jadi mematikan buat mereka. Yang aku kira paling bagus mungkin malah membuat mereka tidak nyaman. Memang susah menebak pikiran ikan. Hahaha. Kenapa? Yah, karena aku engga pernah jadi ikan. Jadi aku cuman bisa menebak2 apa yang kira2 terbaik buat mereka, dan aku berusaha menyediakan dan mencukupinya.

Lain hal nya dengan Tuhan.
Dia adalah Tuhan yang telah menjadi sama dengan manusia.
Jadi, bisa dipastikan Dia tahu dengan persis apa yang pernah kita rasakan.
Dia tahu dengan tepat apa yang kita butuhkan.
Dia menyediakan yang terbaik.
Dia mencukupi kebutuhan kita.
Dia pernah mengalami dilahirkan.
Dia dibesarkan dalam sebuah keluarga.
Ada papa, ada mama.
Ada teman2.
Diajari untuk mengenakan baju.
Diajari membaca.
Dia tahu susahnya belajar berjalan.
Dia tahu sakitnya terjatuh.
Dia tahu beratnya bangkit lagi.
Dia merasakan sakit hati.
Dia digosipkan.
Dia dihina.
Dia disiksa.
Dia disalib.

Kehilangan orang yang dikasihi? Dia tahu rasanya.
Kelelahan yang amat sangat? Dia pernah mengalaminya.
Ketakutan terhadap masa depan? Dia menggumulinya.
Pengkhianatan? Bukan hal yang asing bagiNya.

Kayaknya emang Tuhan lah yang paling mengerti kita.
Tidak akan ada pribadi lain yang bisa memahami kita dan menerima kita apa adanya.
Namun, Dia mau kita diubahkan dan menjadi makin sempurna di hadapanNya.

"... karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna." (Matius 5:48, LAI: 1998)

2 comments:

ve said...

nice sis! :D

rikaindriani said...

thanks ve.. miss you ;p