Wednesday, January 16, 2008

Cerita Pra 20 Desember 2007 Bagian Satu

Jauh sebelum tanggal ini ditentukan.
Lama sebelum kisah ini diawali.
Sebuah pertemuan antara dua anak manusia terjadi.
Dan jauh sebelum pertemuan dan perkenalan tersebut berlanjut...

Masing-masing manusia ini memiliki kisahnya sendiri.
Kisahku tentunya berawal dari tanggal 27 Februari 1981. Hari di saat aku nongol dan menghirup udara bumi. Meninggalkan kenyamanan dan kehangatan kandungan mama yang bebas polusi dan terjamin keamanannya. Umur 4 tahun mulai dengan rengekan yang sukses menghantar aku masuk TK satu tahun sebelum usia yang ’resmi’. Dengan pakai seragam ’bekas’ kokoku yang dipermak sendiri sama mama, maka aku pun memulai masa studi. Dan akhirnya terus berlanjut sampai masuk SD.

Di SD dibuat gosong pas ikut (entah apa namae) semacem lomba pramuka gitu. Hahaha. Ndak kebayang ya... modelan kayak gini isa ikutan lomba pramuka. Dan ngga menang pula! Hahahaha. Dari pagi hari sampe sore hari. Pulang2 langsung terkapar di kasur sampe pagi. Pagi harinya kulit serasa kebakar. Akhirnya ngga masuk sekolah. Besoknya masuk sekolah n ketemu temen2 satu regu, ternyata mereka juga mengalami kegosongan yang sama denganku. Hahaha. Kompak!

Sempet pula ikutan jadi dokter kecil. Wahahaha. Ternyata tampang kayak gini ada bakat juga jadi dokter yah! Hahaha. Buktinya diminta sama guru buat jadi dokter tuh. Hihihi. Yang paling enak jadi dokter kecil tuh kalo pas ikut upacara. Siap siaga di barisan paling belakang. Bagian yang engga keliatan dari pemimpin upacara. Jadi mau ngapain aja oke! Hahaha. Tapi bagian yang horor itu kalo ada yang sampe pingsan or sakit. Musti nganterin ke ruang UKS. Ruang UKS SD ku ada 2. Yang satu di lantai 1 (untuk kelas 1-3) sementara yang satunya di lantai 2 (untuk kelas 4-6). Yang di lantai 1 itu yang horor. Gelap n remang2 gitu. Sebelahan sama kamar mandi pula. Mana kamar mandinya serem2 gitu sisan. Untung jaman dulu belum ada filem the ring yah. Coba kalo udah ada! (dulu belum sepemberani sekarang... hahaha)

SMP dan SMU ada ceritanya sendiri lagi. Maybe next time aja deh. Kalo sekarang ntar lama2 jadi dongeng 1001 malem kayak punya ’mas’ asoy. Hahahaha.

Sebelum masuk kuliah banyak lika-likunya. Buat temen2 yang udah sering denger sharingku pasti dah hafal. Hahaha. Baru2 ini juga sempet sharing di MIKROBA. Gimana pas taun 1998 udah ada rencana masuk Trisakti. Dah beli form. Dan diisi. Semua persyaratan dan surat2 udah lengkap. Tiket pesawat udah ada. Tinggal makbrurrrr esok harinya. Eh... ternyata pagi jam 6 Trisakti masuk tipi. Papa yang emang biasa liat berita pagi di tipi yang ngeliat duluan. Ditambah telp dari papa nya fei2 (yang tinggal di jakarta) maka kandas sudah semua rencana yang sudah tersusun rapi malam sebelumnya! Eh.. iya.. trisakti masuk tipi karena ada penembakan terhadap 6 orang mahasiswa nya itu lhoo. Maka rencana pun berubah dan dialihkan ke arah timur. Yang awalnya mau kuliah di barat, sekarang berputar haluan 180 derajat ke timur. Ke surabaya. Koko udah ada di sana duluan soalnya. Kuliah arsitektur. Pas Kerja Prakter di Pulau Dewata. So setelah keterkejutan batalnya ke jakarta, beralih ke surabaya... dan ngga jelas pula musti gimana2 aja... maka sakitlah aku. Hahahaha. Tapi akhirnya semuanya bisa berjalan walau ngga seberapa mulus. Deg-deg an pula. Gimana engga coba... ndaftar udah gelombang kedua. Kalo engga keterima mau ke mana lagi...? Hehehehe. Tapi ternyata aku keterima! Berhasil! Horee!! (kayak dora wae). Puji Tuhan aku keterima di UK Petra Surabaya.

Tahun pertama nge kos. Dibawain sepeda motor. Padahal lho di semarang engga pernah naek sepeda motor. Walhasil ya kalo naek sepeda motor isa lebih cepet orang yang naek sepeda tanpa motor. Hahahaha. Tapi lama kelamaan jadi berani juga kok. Saksi idupnya ada di asoy. Bareng asoy tu yang jatuh bareng di perempatan ’guede’ raya darmo-polisi istimewa-dr. Soetomo. Ceritanya mau ke Gramedia basuki rahmat. Dari kos2an boncengan berdua. Idihh. Trus nyungsep dah di tengah2 perempatan gede itu. Hahaha. Padahal ya benernya cuman ’kesenggol’ dikit sama sepeda motor tetangga. Yang mbuat dongkol bukannya sepeda motor yang nyenggol itu yang engga berenti, tapi gara2 pos polisi yang ada di sebelah itu kenapa kaga ada petugasnya yang nongol bantuin kita berdua yang terkapar tak berdaya? Hahaha. Thank God ada Pranata (temen greja yang uda merid n punya anak namae Regi) & Agus Har (salah satu temen gereja yang udah meninggal karena kecelakaan).

Setelah jatuh itu... masih dengan macho nya melanjutkan perjalanan n tetep ke tujuan semula. Pulang nyampe kos baru mulai kerasa sakitnya. Kaki kiri kaku banget. Nyut2 n mulai engga enak semua. Akhirnya kontak kokoku n dianter ke dokter. Kaki kiri dah bengkak malemnya. Dah ndak bentuk kaki rasae. Mustie nek kaki kan besar antara paha dengan betis kan beda. Nah ini sama semua. Hahaha. Lutut rasae senut2. Akhirnya besoknya yang mustinya kuliah kewiraan jadi bolos deh. Kelasnya ada di lantai 3. Ndak sanggup naek tangga (dulu UK Petra belum ada lift, selain di tower). Minggu nya, ndak isa ke gereja naek sepeda motor pula. Hahaha. Dannn... di sinilah awal muasal nyaaa. Hahaha.
Buat jelasnya klik di maudy's blog Itu tulisan maudy.

Dan semuanya berlanjut. Sampe sekarang. Tanggal 25 April 2005 Meikel dan keluarga ke Semarang. Setelah acara yang serba merah itu, makan siang di Majesty Gajah Mada. Inget to, mod? Hehehe. Trus akhirnya perancangan tahap berikutnya dimulai. Berbagai pembicaraan dilakukan. Maka muncullah tanggal 20 Desember 2007 itu. Persiapan-persiapan dimulai. Diawali dengan pembicaraan dengan Pdt. Setyahadi tercinta. Nge-book jadwalnya. Nge-book gereja. Trus dilanjutkan dengan menghubungi temen2 yang udah kita pilih untuk dibuat repot. Hahaha. Diawali dengan menghubungi dua orang bride maids. Yang dengan begitu antusiasnya langsung mengiyakan! Hahaha. Tanpa tanya2 lagi perlu bangun jam berapa n musti ngapa aja. Hehehe. Dan daftar nama2 orang yang musti dihubungi tersusun sudah (sapa aja ntar ada sendiri lah daftarnya ^^). Bahkan ada beberapa orang yang mengajukan diri buat direpoti. Hahaha. Baek banget.

Hunting baju, cari salon, cari souvenir, mbuat undangan, ngerancang dekor, nyusun liturgi, nyari lagu2, bentuk tim acara dan tim dekor, dan segala pernak-perniknya. Diwarnai berbagai macam masukan serta beraneka bentuk dukungan. Mbuat bingung n mbuat seneng. Hehehe. Pengalaman berharga yang menyenangkan. Buat semua pembaca yang udah ’merana’ (rasanya semua pembaca setia di sini terlibat n ngasi dukungan penuh buatku) menantikan kabar n cerita ini, thank you so much! Juga buat semua keterlibatan n dukungan kalian! Mwah!

Persiapan2 berlanjut ke dua rapat awal bersama dua koordinator acara dan koordinator dekor. Abed & Michael. Penyempurnaan bentuk acara. Penggambaran dekor. Dan persiapan2 laennya. Kontak semua anggota tim panitia buat rapat pleno! Waaw. Akhirnya hari rapat pleno itu dateng juga! Hahaha. Pertama kalinya rumah jadi penuh. Banyak orang. Rame n panas. Hahaha. Makan2 sampe kenyang trus mulai rapat yang dipimpin duo koordinator Abed & Michael. Diawali dengan pujian ”Semua Baik” yang diiringi oleh gitaris Ernest (lama2 kok kayak notulen yah... hahaha). Hari demi hari berlanjut. Urusan yang ’kecil’ pun tambah banyak. Tambah ’keliatan’ yang belum beres. Hahaha. Tambah panik pula. Dekor serasa ndak selesai2. Ada aja bahan yang masih kurang n musti beli lagi. Padahal nyarinya musti ke pasar atum. Astaga!

Undangan juga lumayan ’panjang’ prosesnya. Ditambah dengan adanya sedikit masalah dalam keluarga. Lumayan pusing. Tapi yang jelas keluarga 100% dukung buat acara ini, dan bentuknya diserahkan sepenuhnya ke kita berdua. Enaknyaaaa ^^ Yah, buat masalah yang satu itu cuman bisa berdoa lebih kenceng lagi biar ada keajaiban dan hal-hal yang terburuk ngga terjadi. Puji Tuhan! Doa kami dikabulkan! Waaw, keren. Sorry ndak isa cerita di sini. Off the record.

Temen2 panitia kerja dengan sangat kompak. Berbagi kesukaan bersama. Tiap kali dekor pasti heboh! Hahaha. Isie guyonan tok. Eh ndak tok... ya mbek dekor yang jelas! Hahaha. Susunan acara dah makin jelas. Detailing yang sangat teliti dibuat Michael. Urusan dekor pun digarap dengan ’beautiful’ oleh Abed dan tim nya. Kerennn!

Latihan2 musik pun dimulai. Diiringi oleh organis Milka dan pianis Cecilia. Di-MC ni Michael Loe n dibacking vocali oleh Dina & Ivana. Latihan pertama dapet kejutan. Muncul usulan buat kedua singer (Dina & Ivana) nyanyi sendiri2 (awalnya) di bagian Saat Hening. Hahaha. N ngga nyangka ternyata mereka setuju2 aja. Astaga! Padahal seingetku pas awal aku kontak mereka, mereka engga mau nyanyi sendirian. Makanya singernya ada dua orang. Hahaha. Tapi kok pas latian mereka nurut aja ya... malah cenderung mengajukan diri buat nyanyi dewe2 untuk bait2 awal. Hahaha. Sip tenan!

Percakapan pastoral pun dilakukan. Hari Rabu, 5 Desember 2007 jam 19.00 WIB. Ketemu dengan Pdt. Setyahadi. Bayangan bakal ditanya2in pertanyaan yang mbuat grogi maka kami berdua pun berangkat ke gereja dengan deg-deg an. Hahaha. Eh, ternyata ngga semenakutkan yang kami bayangin! Malahan kita bertiga banyak sharing2 tentang masalah catatan sipil yang lumayan ruwet itu. Yang di awal dikatakan pencatatan pernikahan dilakukan di Semarang ngga ada masalah. Eh setelah diurus ternyata muncul ’peraturan baru’ yang membatalkan pencatatan sipil di Semarang. Jadi akhirnya setelah diurus di Batu, semuanya malah langsung beres! Cukup mbuat deg-deg an juga urusan yang satu ini. Buat yang mau merid jangan lupa ngurusi masalah yang satu ini ya... dan yang penting... jangan lupa doa juga. Walau kadang di awal tampaknya rencana yang kita buat engga berjalan dengan baik, tapi dengan tetep setia berdoa, kekuatan extra yang diperlukan untuk menjalaninya senantiasa ada terus. Dan di akhirnya, akan ada ’kejutan’ demi ’kejutan’ yang Tuhan sediakan buat kita dan menjadikan kita ’ternganga’ dengan cara Tuhan yang tak terduga dan tak terpikirkan.

Gladi bersih berlangsung dengan lancar. Setelah diawali dengan ’kepusingan’ mengatur jadwal penggunaan gedung gereja, pengaturan jadwal semua pendukung acara... Akhirnya terjadi juga gladi bersih ini. Paduan Suara Ekklesia pun bisa hadir. Luar biasa! Kisah latihan demi latihan yang dijalani PS Ekklesia ini pun penuh dengan tantangan. Huehehe. Very well done, guys! Salut buat Ganda, sang pelatih.

Acara gladi bersih dibuat semirip mungkin dengan acara sesungguhnya, tentunya! Pas aku jalan ngelewati ‘alley’ gedung gereja… “Akhirnya dateng juga hari ini…! Akhirnya gue mau merid!” itu yang ada di pikiranku! Hahahaha. Abis itu toleh sana sini… ngeliatin tingkah temen2 yang lucu2. Abed dan Yohanes dengan HT di tangan. Mereka berusaha nyiptain kode2 rahasia… kayak agen2 rahasia gitu…. “Merpati sudah memasuki pos… apakah kandang sudah disiapkan…??” Hahaha… dengan gaya sok keren gitu lahh… akhirnya janji nikah n buka kerudung dicoba. Gara2 grogi… akhirnya lupa semua. Akhirnya ngeliat catetan. Pas nyoba buka kerudung temen2 semua sorak-sorai bergembira. Meikel mbanyol soale. Hahaha. Yah, secara keseluruhan, gladi bersih diulang 2 kali dan berlangsung dengan sangat baik. Setelah selesai, PS masih lanjut latian lagi! Waw! Keren banget. Dah malem gitu tapi mereka masih dengan semangat latian lagi. Bayangpun! Di tengah2 UAS pula. Yah, temen2 yang masih ada UAS esoknya emang pulang duluan. Dari awal emang kita berdua pas ngontak udah bilang ke smuanya buat mereka bisa atur jadwal dengan baek. Jangan sampe ngeganggu kegiatan mereka yang utama atau komitmen2 yang sudah mereka buat terlebih dahulu –gara2 acara ini.

Besoknya, mulai persiapan penyambutan buat keluarga yang mulai dateng....

No comments: