Monday, December 22, 2008

Hari Ibu

"How much do you love your mom?"

Gara-gara sering liat tivi akhir2 ini (pengangguran berat: disuru banyak istirahat), maka nuansa Hari Ibu kerasa banget di acara-acara tivi. Bertebaran di berbagai program. Sampe Spongebob pun yang ditayangin episode yang berkaitan dengan Ibu. Hahaha.

Nginget-nginget jaman pas masih kecil dulu... jaman rumah masih berlantai kayu... bertangga batu... bertelepon puter (telepon jaman dulu itu lhooo... ada kabelnya mlungker-mlungker n kalo mau 'mencet' nomer telepon engga bisa, tapi musti diputer). Telepon di rumah warnanya kuning. Diletakkan di tempat yang agak tinggi, jadi buat anak umur 3-5 tahun (apalagi aku) yang belum cukup tinggi, engga bakalan nyampe kalo engga manjat kursi.

Nah, dulu aku yang kecil dan tukang ngadu, sering banget telepon Mama. Mama yang lagi sibuk jaga toko, ngadepin pelanggan, mbuat nota, ngecek barang, telepon gudang pesen barang, sering banget aku gangguin. Hahaha. Dikit-dikit aku telepon Mama. Kalo kucing di rumah ndak pulang-pulang, aku telepon Mama. Kalo aku dijailin sama Kokoku... aku telepon Mama. Kalo aku nyari mainan engga nemu, aku telepon Mama. Singkatnya, kadang untuk hal yang sepele banget aku telepon Mama. Dan sepanjang ingatanku, semua teleponku pasti diladeni Mama.

Tiap pagi sebelum berangkat ke sekolah, Mama mbanguni aku... dah dibanguni, dipanggil2... tetep ngga bangun... sampe kudu diseret dari tempat tidur baru bangun... (padahal malemnya engga mau tidur-tidur, minta dibacain buku cerita -Mama paling jago disuru cerita/bacain buku cerita) Mama juga siapin susu coklat (kalo engga coklat, engga doyan), telur rebus setengah matang... bayangin ribetnya kayak apa. Belum ditambah lagi musti siapin bekal buat aku bawa n makan di sekolah. Setelah aku berangkat ke sekolah (dianter Papa), Mama siap-siap buat berangkat ke toko. Nah, kalo aku udah pulang sekolah, ketemu dengan koko, terjadi perkelahian, maka mulailah aku telepon Mama. Hahahaha.

Kalo diinget2 aku ini bener2 anak nakal ya. Pas sudah belajar nulis, Mama juga yang mulai ngajarin di rumah. Disuru nulis pelan-pelan supaya rapi. Tapi tetep aja engga rapi. Hahaha. Terus kalo belajar seringnya malah nanya macem2. Hal-hal yang ndak perlu ditanyain. Heran, Mama kok isa sabar ya...

Menjelang usia SD tingkat akhir, sementara temen2 semuanya mulai gemuk, aku sendiri yang tetep kerimping, Mama mulai bingung. Berusaha cari cara supaya aku gemuk -alias bertumbuh. Dikasi minyak ikan. Dikasi vitamin. Dikasi susu. Porsi telur rebus ditambah. Dan akhirnya bertumbuhlah aku. Hehehehe. Sehat dan besar. Thanks to Mama.

Jadi, wajar kalo aku jawab pertanyaan di atas, "I love my Mom soooooo muuuch!"

2 comments:

Anonymous said...

Haha...pasti dikasih Vidoran atau Scott Emulsion biar cepet ndut.

Anonymous said...

Yes ibu, mother, la mere, mama, mami, mbok, inong, whatever you call her. Of Course, Mother, the real hero for her son and daughter. Be happy Mother's Day.