Monday, June 25, 2007

Seorang Teman Baik

email sent by Dina Budianto

Sewaktu kita duduk di taman kanak-kanak,
kita berpikir kalau seorang teman yang baik adalah teman yang meminjamkan krayon warna merah ketika yang ada hanyalah krayon warna hitam.

Di sekolah dasar,
kita lalu menemukan bahwa seorang teman yang baik adalah teman yang mau menemani kita ke toilet,
menggandeng tangan kita sepanjang koridor menuju kelas,
membagi makan siangnya dengan kita ketika kita lupa membawanya.

Di sekolah lanjutan pertama,
kita punya ide kalau seorang teman yang baik adalah teman yang mau menyontekkan PR-nya pada kita,
pergi bersama ke pesta dan menemani kita makan siang.

Di SMA, kita merasa kalau seorang teman yang baik adalah teman yang mengajak kita mengendarai mobil barunya, meyakinkan orang tua kita kalau kita boleh pulang malam sedikit, mau mendengar kisah sedih saat kita putus dari pacar.

Di masa berikutnya,
kita melihat kalau seorang teman yang baik adalah teman yang selalu ada terutama di saat-saat sulit kita,
membuat kita merasa aman melalui masa-masa seperti apapun,
meyakinkan kita kalau kita akan lulus dalam ujian sidang sarjana kita.

Dan seiring berjalannya waktu kehidupan,
kita menemukan kalau seorang teman yang baik adalah
teman yang selalu memberi kita dua pilihan yang baik,
merangkul kita ketika kita menghadapi masalah yang menakutkan,
membantu kita bertahan menghadapi orang-orang yang hanya mau mengambil keuntungan dari kita,
menegur ketika kita melalaikan sesuatu,
mengingatkan ketika kita lupa,
membantu meningkatkan percaya diri kita,
menolong kita untuk menjadi seseorang yang lebih baik,
dan terlebih lagi...

menerima diri kita apa adanya...

Thanks for being my friend...

A lot of little heart to my frenzzz!!!

Friends are like balloons; once you let them go, you can't get them back. So I'm gonna tie you to my heart so I never lose you.

T
AKE GOOD CARE OF YOURSELF YEAH!!!

====================================================

Hmmm...
Baca email dari dina ini mbuat nginget2 masa yang sudah lewat lagi.
Nginget2 masa2 TK, SD, SMP, SMA, kuliah, awal2 kerja dulu.
Banyak banget wajah2 orang yang sudah memberikan sumbangsih yang ngga sedikit di dalam hidupku. Selain papa mama dan anggota keluarga yang laen tentunya! Hidupku ini penuh dengan berkat. Banyak hal yang bisa dijadikan alasan untuk mengucapk syukur.

Masuk Taman Kanak-kanak dulu diawali dengan rengekan. Minta disekolahin. Gara2 ngeliat koko yang pigi sekolah n aku ditinggal di rumah sendirian. Ngga mauuuu. Kesepian, ngga ada temen maen (ternyata dari kecil aku ngga betah dewe an yah hahaha). Akhirnya sekolah. Asik, maenan bareng temen2. Nggambar2. Maen prosotan, ayunan, jungkat-jungkit. Pernah ngelukai dagu temen TK dulu, David namae. Gara2 dia deket2 pas aku naek jungkat-jungkit. Ndak sengaja dagu e kena tu jungkat-jungkit yang aku duduki. Hiy, rasa bersalah sampe aku laporan ke guruku. Padahal benere nek diinget2 juga bukan salahku. Cuman entah napa sampe sekarang nek berbuat salah mesti ngga tahan buat ngaku. Baek itu bener2 akibat aku yang berbuat salah maupun yang benere bukan 100% kesalahanku. Bahkan ada beebrapa yang benere aku ndak salah tapi disalahke itu wae sudah mbuat aku merasa bersalah. Halahhh mbulet! Hahaha.

Masa SD lebih banyak kejadian bersejarah.
Kelas satu dulu pernah dihukum suru jongkok di luar kelas. Di serambi. Gara-gara apa persisnya aku lupa. Kayaknya gara2 lupa mbuat pe-er. Pas itu ujan. Aku bener2 sik inget. Soale abis gitu aku kebelet pipis. Lha ya mana berani minta ijin sama guru di dalem kelas buat ke kamar mandi. Akhire ya ngompol dahhhh. Hahaha. Dah gitu dibawa Bu Guru ke UKS buat digantiin baju nya. Huahahah. Malu-malu in dah. Kelas satu SD masi ngompol. Hihihi.

Trus kelas 3 kepilih jadi dokter kecil. Ada pelajaran tambahannya. Jadi sepulang sekolah kita para dokter kecil disuru tinggal dulu, diajari nangani temen yang sakit. Pas itu ada salah satu temen yang ngga betah, akire jam di meja guru dimajuin 15 menit, jadilah kita pulang 15 menit lebih awal. Horeeee. Hahaha.

Kelas 5 akire tugas jadi dokter kecil bener2 terpake. Pas di tengah2 jam pelajaran ada salah satu temen yang sakit. Pengen muntah katae. Huah! Aku yang disuru guru nganterin ke UKS. Aiyah. UKS nya di lantai dasar. Padahal ruang kelas 5 SD di lantai 2. Jadi perjalanan cukup panjang deh. Dengan was-was n siap2 iktu muntah pula (kalo temenku itu bener2 ngga tahan). Akhire selamet sampe di UKS dengan sarapan temenku masi aman tersimpan di perutnya. Phew! Setelah kasi perawatan sesuai dengan yang pernah diajarin (sekarang uda banyak lupanyaaa hahaha) aku balek ke kelas. Ruang UKS benere ngga enak. Gelap, agak nyeremin. Ada banyak pintu e. Jadi nambah2i kesan horor. Ada apa yang menanti di balik pintu???? Huahahaha. Syerem. Temenku juga berpendapat sama tu yang sakit. Namae Lia. Dee sempet ngeri pas ta tinggal pigi. Tapi ya mau piye lagi coba, dokter kecil ndak boleh nunggui terus2an. Tetep harus ikut pelajaran. Lagian pasien harus ditinggal supaya isa istirahat. Gitu teori nya.

Kelas 6 ada pelajaran memasak. Paling enak nih. Jadi kita disuru masak trus makan bareng2. Hihihi. Jadi inget2 jaman TK dulu. Tiap hari Sabtu ada acara makan bersama. Hehehe. Nah pas aku berangkat ke sekolah pagi hari (lupa hari apa) yang jelas pas itu aku inget dengan jelas pernah mikir gini, "Benere orang idup itu buat apa ya? Sebenere kulit ini dari apa? -> sambil narik2 kulit tanganku Dan setelah orang mati, apa yang terjadi?"
Trus aku kepilih juga jadi peserta lomba baca alkitab. Hahaha. Kok isa ya. Alim banget paling ya sampe kepilih ikut lomba baca alkitab. Dah tau grogi nek di depan umum. Ndak pernah isa bener. Akhire bareng beberapa temen yang laen latian terus. Beberapa kali pigi rumahe temenku (Elisabeth Davina Prayitno--> gile sik afal nama lengkap e!!) buat latian. Hohoho. Bareng sapaan ae rada lupa wes an. Sing jelas ada Sherly Prasetyo trus juga ada Katrin (nek ini lupa nama lengkape huehehehe). Pas hari H akire aku ya grogi kayak biasae jadi ya cuman baca alkitab dengan datar gitu. Ndak pake intonasi dll kayak pas latian. Hahaha. Ya jelas ndak juara lah yaaa. Aku lupa sapa sing jadi juara pas itu.
Ohya ada lagi kejadian ndak enak. Pas SD itu ada gap sing jelas banget. Kubu ini musuhan mbek kubu ini. Astagaa. Sampe ada tuduh-tuduhan segala. Ck ck ck... Pake tangis-tangisan juga. Walah... koyok sinetron wae nek diinget2. Sampe ada salah satu temen sing pengen keluar sekolah. Ya ampyunnn segitunyaaaa.
Uhm trus palagi ya... ohh trus ada persami (perkemahan sabtu minggu) kegiatan pramuka. Ada jurit malem nya. Huahahaha. Kemah di halaman sekolah. Sekolahan di siang hari aja udah nyeremin apalagi tengah malem. Udah di kemah yang regu ku tempatin ada semutnyaaa, ngga isa tidur... akhire tengah malem badan sakit semua. Ngga enak badan. Disuru jalan sendiri2 keliling sekolahan. Hiiy. Aku yang penakut ini ya jelas wedi to yaaa! Dengan alesan sakit dan berharap ndak usah disuru keliling akire aku dapet temen jalan. Jalan berdua mbek Ita K. (nama belakange sapa lupa, depan e K...) nah gitu deh. Kita berada di rombongan trakir dewe. Huehehehe. Dijatuhi karung bentuk pocong, dikagetin guru olah raga yang sembunyi di balik pohon... lewat jalan yang katae sering diewati suster ngesot... halah! wes ngeri pokokke... tanganku dipegangi kenceng2 mbek Ita. Hahhahaha. Padahal aku dewe ya dag dig dug dhuerrrr!
Trus pagie hiking. Pulang2 wes teler. Ngantuk. Bobok seharian. Gile.
Oh satu lagi pengalaman pramuka. Masuk di regu inti. Ikut lomba pramuka. Pulang-pulang kulit gosong kabeh. Sampe sekolah disengat lebah pula. Komplet. Besok e masuk sekolah haruse tapi aku ndak isa bangun. Kulit rasae panassss. Akhire ndak masuk sekolah, mbek mama disuru tidur terus. Asiikkk. Hobi tidur ku berawal dari sini tampaknya hahaha. Benere asik si, pigi tiap pos, ada tugas yang kudu diselesaiin setelah mecahin sandi yang dikasi. Seru. I really love puzzles (jadi kangen ma fei2 nih, missing your puzzles games, fei!).

Lanjut ke SMP. Pengalaman pertama masuk sekolah dewe an. Ndak kenal sapa2. Kayake tiap sekolah ya mesti ndak kenal sapa2 yah. Tapi entah kenapa pas itu rasae bener2 nyeremin. Berhasil masuk di salah satu sekolah favorit di Semarang. Dikenalin sama anake temen mama. Tapi kayake anake cool banget. Dan emang akhire ndak sekelas. Jadi ya ndak seberapa kenal. Masa kelas satu pertama kali dapet pelajaran sing namae bahasa inggris! Susah banget. Sampe desperado dah an. Tiap ulangan dapet nilai buruk rupaaaa. Sampe disuru ikut her sama gurue. Prihatin mbek nilaiku. Sering nek di kelas aku disuru maju ngerjain soal. Haiyaaaa. Payah tenan. Pernah dibalang penghapus mbek guru bahasa inggris itu. Bukane kenapa, sing rame temen2 sekelas. Tapi penghapus tu dilempar sama guruku tanpa ngeliat ke belakang jadi guruku sambil nulis di papan tulis sambil ngelempar tu penghapus. Ciaaattt dan gubrak! Pas menimpa meja di hadapanku. Wuihhh debu kapur langsung bertaburan! Aku sampe syok! Lha ndak ngapa2 lagi asik2 nulis tau2 ada penghapus jatuh. Hahaha. Trus ada juga guru yang suka ngerokok. Seneng e maen2in tu rokok di deket2ke ke tangan murid. Dan akhirnya bener2 satu saat kena tanganku! Gyaaaa panassss!!! Guruku juga sempet kaget juga. Bilang sori2. Wah wahhh...
Trus pernah juga kita satu kelas praktikum fisika bolos ndak ikut praktikum. Pas itu kelas tiga. Gile sampe ngamuk tu guru ne. Kita bolos cuman buat kasi support buat team cheerleader kelas kita yang pas itu ikut lomba. Hahahaa. Kompak banget emang pas itu. Dari kelas satu sampe kelas tiga kita barengan terus, so isa dibayangin kompaknya gimana. Akhire emang team cheerleader kelas kita menang. Tapi ya hukumane lumayan lama. Guru itu sampe nesu2 terus tiap kali masuk ke kelas kita. Hihihihi.

SMA. Ndak begitu banyak kejadian istimewa. Sing jelas banyak temen yang sweet seventeenan. Huahaha. Ada beberapa temen yang pesta e ngundang artis2 gitu. Ari Wibowo lah... AB Three lahh... yah yang lagi kondang jaman itu. Wes wes hebat tenan. Yang paling inget tu ya pas praktikum biologi, panas2 disuru ngitung berapa lama mimosa pudica (nama latinnya kumis kucing) membuka kembali daunnya setelah kena rangsang di helasi daunnya, di batang nya, di pangkal batangnya... halah! Kurang kerjaan wae! Trus belum lagi disuru ngitung denyut nadi sebelum dan sesudah lari keliling halaman sekolah. Walahhhh. Trus pas pelajaran fisika diajarin pake mikrometer. Disuru ngukur helai rambut. Hihihihi. Gara2 rambutku sing dibilang paling tebel sama temen sebangku ku akhire dijabut sehelai mbek Imelda Kurniawati Herlambang (temen sebangku ku), dikasi ke guru fisika buat diukur pake mikrometer. Hihihi. Ternyata masi ada rambut yang lebih tebel dari punyaku kok. Aku lupa punya sapa. Yang jelas punya temen sekelas yang laen. Pas itu kelas 2.

Kelas 3, temen sebangku Imelda Purnama kena cacar. Hahaha. Aku yang belum kena cacar lumayan serem juga. Tapi ternyata ngga kena juga. Sampe akhire beberapa waktu yang lalu ketularan dari temen greja. Hahahaha. Hebat yah.

Kuliah sempet stress sebelum brangkat ke surabaya. Akire di surabaya ketemu sama momod, christine mbek asoy. Satu kos n rame2 ke GKI Kutisari Indah. Kenalan sama banyak orang. Pranata, Febry, Joni, Meikel, Harris, Davy. Dikenalin Agus Hartono (yang udah meninggal karena kecelakaan naek travel hiks...). Dianterin. Ditemenin. Kita berempat jadi anak baru di GKI Kutisari. Hihihi. Masi alim2 n malu2. Sekarang malu2in. Huahahaha. Trus ada beberapa kejadian yang off the record... hahahaha cuman beberapa orang aja yang tau detailnya. Salah satu e yang terlibat langsung ya si asoy. Yang ta kasi tau cerita komplet my luvly cousin fei. Yang menyaksikan langsung ada banyaaakkkk hahahahaa. Inget2 aja sndiri. Hihihihi.

Udah deh inget2 masa lalu ternyata mbuat cape juga ya. Banyak hal yang terjadi. Yang jelas salah satu kejadian terburuk pas masa kuliah had a friction and loosing a friend (sampe sekarang ndak pernah kontak) gara2 masalah konyol, uda brusaha diselesaiin juga kayaknya ndak ada hasilnya. Uda brusaha kontak terus juga ngga ada respon, sampe akire aku cape juga. Yah, maybe sudah saatnya aku brenti brusaha kali yeee. Sekarang uda ngga pernah kontak sih. Keegoisanku masi terlalu kuat buat untuk terus bisa ngontak nanya kabar -tanpa ada balesan yang cukup memuaskan- jawaban singkat mulu!
Kejadian yang membuat semua orang terheran2, berat badanku turun sampe 11 kg! Hahaha. Dari 65 kg jadi 55 kg. Yang stabil sampe sekarang, berkisar 53-55 kg. Hahaha. Banyak yang terkagum2. Banyak yang terheran2. Banyak yang kepengen pula, padahal baju2 ku jadi kegedean semua. Hihihihi. Celana juga pada kegedean semua.

Uda udahhh. Mau makan deh (LAGI) hahahaha. Laper. Tulisan ini dibuat dijadiin record buat masa-masa ku yang telah lalu. Soalnya dulu kan belum ada blog. Lagian juga belum seneng nulis. Kalo pelajaran mengarang aja sampe lamaaaa bangettt baru selesai. Wuakakakaka. Isinya juga liburan ke rumah nenek. Hahahaha.

1 comment:

Little_M said...

Inget2 masa lalu emang membuat kita tersenyum meskipun pas itu peristiwa itu menjengkelkan. Termasuk si midas serigala jahat :) .
Huahahahaha...sekarang Riki langsing, sampe celana MikiMouse'e jadi muat lagi. Hihiii.......