Sunday, March 22, 2009

Uji Emisi Gas Buang

Astaga! Hari ini capek luar biasa! Dari pagi jam 7 udah nongol di gedung gereja lantai 2 dalam rangka 'mendampingi' operator LCD. Jam 9 nunggu tim uji emisi gas buang yang belum juga muncul. Akhirnya 3 orang panitia paskah yang kelaparan dan beranjak semaputm kita sepakat buat pergi sarapan dulu. Kita bertiga sama-sama standby di kebaktian jam 7, dengan peran yang berbeda-beda hihihi. Guntur sebagai majelis pendamping kebaktian remaja (di lantai 2). Pak Susatyo sebagai kolektan di gedung gereja kebaktian umum I. Aku sebagai pendamping operator LCD di balkon gedung gereja.

Jam setengah sepuluh lebih kita balek ke gereja dan tim uji emisi ternyata sudah datang. Setelah melakukan beberapa hal untuk dikoordinasi, kita bertiga menganggur, menunggu kebaktian pk. 09.00 selesai. Duduk-duduk dengan dihembus angin plus aroma khas tidak sedap yang terbawa angin dari pabrik-pabrik di rungkut industri melengkapi obrolan kita. Hahaha! Dan akhirnya, lagu pengutusan terdengar dari dalam gedung gereja. Sebelum uji emisi gas buang mobil berbahan bakar bensin (yang dilakukan gratis), diadakan briefing singkat di dalam gedung gereja. Hal ini membuat aku naik lagi ke balkon untuk jadi operator LCD (kali ini bukan mendampingi). Setelah selesai, maka uji emisi gas buang pun mulai dilaksanakan. 21 mobil yang sudah terdaftar akhirnya menyusut menjadi 15 mobil. Ada berbagai alasan yang membuat para pendaftar itu batal ikut.

Dan aku yang semestinya tidak mau ikut, akhirnya malah ikut nimbrung. Hahaha. Dan inilah hasilnya:
CO 5.20%
CO2 11.1%
HC 384 ppm
O2 0.54%
Hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil uji emisi setahun yang lalu. Kadar CO yang tinggi. Beberapa solusi disarankan. Pengecekan klep, filter oli, dan penggantian oli mesin yang lebih bagus dianjurkan dengan sangat. Aku cukup antusias menanggapi saran-saran tersebut. Dalam waktu dekat (bila penggalangan dana sudah mencukupi), aku bener-bener mau ganti merk oli, ganti filter oli, dan memasang alat pengionisasi yang akan sangat membantu pembakaran bahan bakar dengan lebih optimal.

Uji Emisi ini selesai pukul 12.30, capek dan sambil menunggu tim uji emisi selesai berbenah dan membereskan alat-alat, Guntur dan aku kebagian jatah penambah energi (konsumsi berlebih) yang segera kami santap... hahaha! Pukul 13.30 kita menunggu-nunggu, tim uji emisi masih belum ada tanda-tanda beranjak pergi. Akhirnya kita berdua pamit duluan, setelah mengucapkan banyak terima kasih :)

No comments: