Friday, September 14, 2007

Air Panas

Akhir-akhir ini sering masak air panas trus dimasukin dalem gelas.
Air biasa dimasukin ke dalem panci trus ditaruh di atas kompor. Trus kompor dinyalain.
Lama kelamaan air di dalem panci itu akan mendidih.
Setiap molekul air tersebut akan panas.
Mereka akan bertahan pada suhu yang sama hanya dalam hitungan menit. Bila jumlah mereka sedikit. Semakin sedikit jumlah mereka, semakin cepat pula mereka mengalami perubahan suhu. Semakin sedikit jumlah mereka, semakin cepat pula mereka kehilangan panas yang didapat dari kompor tadi.

Terus saat dituang ke dalam gelas ada beberapa tetes yang ter'ciprat' keluar dari kumpulan air yang laen. Dan herannya, tetesan air yang terciprat keluar itu dalam sekejap menjadi dingin.

Dari situ aku belajar tentang hidup berkomunitas. Di saat kita tetap berada dalam kumpulan dengan saudara seiman, maka kita akan senantiasa dapat menjaga diri kita hangat, bahkan panas. Dan panas itu bermanfaat untuk berbagai macam hal laen yang berada di luar komunitas kita. Namun di saat kita berada sendirian di luar komunitas kita, maka bisa dipastikan dalam waktu singkat kondisi kita akan kehilangan panas dan kita tak dapat memberikan manfaat yang lebih kepada lingkungan kita.

Air panas tadi bisa dibuat untuk membuat susu. Membuat kopi. Membuat teh. Membuat perut menjadi lebih enak. Apabila air tadi sudah tidak panas lagi, apakah bisa optimal untuk memberikan manfaat2 tersebut?

Selain ditaruh ke atas kompor lagi...
Dipanaskan lagi...
Namun tampaknya untuk dipanaskan lagi bukan hal yang 'nyaman' karena dengan jumlah yang semakin sedikit maka akan semakin banyak air yang menguap. Yah, mungkin akan ada sebagian dari diri kita akan di'uap'kan untuk menjadi lebih baik lagi. Kotoran2 dan bagian dari diri kita yang tidak baik dihilangkan.

Sakit pasti. Akan ada suara mendesis yang muncul... tanda beberapa molekul air yang 'gosong'

Sudah seberapa lamakah kita menjadi 'dingin'?

1 comment:

Ririn.Cen said...

wah Chi.. emang bener si.. jangan menjauh dari "sodara2-mu" karena at least mreka bisa jadi filtermu. heheh.. Ngarsain dewe betapa "terjaganya" dirimu saat ada mereka..
Karena pergaulan yang buruk akan membawamu ke hal2 yang tidak baik juga.. hehehe