Monday, February 25, 2008

Menikmati Siraman Karunia Allah

Kebaktian Minggu Pra Paskah III kemaren dilayani oleh Bapak Pdt. Djoko Sugiarto dari GKI Manyar Surabaya. Ilustrasi2 yang dipake Pak Djoko kemaren cukup mbuat berkerut dahi. Hihihihi.

Kotbah kemaren yang jelas menyampaikan tentang bagaimana kita yang merasa 'kehausan' akan merasa sangat dipuaskan saat kita diberi minum. Maka akan ada kepuasan tersendiri dari pemuasan dahaga yang kita alami.

Bacaan nya diambil dari perjalanan bangsa Israel saat bangsa Israel sampai di Masa dan Meriba. Di sana bangsa Israel mulai komat kamit ngomel ke Musa. Isa dibayangin gimana Musa panik ngadepin sekian ribu manusia yang 'demo'. Wuii. Dan Musa pun berseru kepada Allahnya. Tindakan yang tepat. Maka Allah menyuruh Musa memukulkan tongkatnya ke sebuah batu. Bangsa Israel kehausan, tidak ada air untuk diminum dan mereka sudah mulai mengata2i Musa, "Mending kita mati di Mesir daripada mati kehausan di tanah yang engga jelas ginii...!!" (terjamahan dan tafsiran bebas). Nah lho! Tapi kenapa Allah malah menyuruh mukul batu? Heran! Tapi Musa pun dengan patuh melakukannya. Maka mujizat pun terjadi.

Jadi, bisa dibilang mujizat terjadi karena adanya ketaatan. Pengenalan terhadap Allah yang Maha Kuasa, maka yang tak terpikirkan pun akan terjadi. Kadang Allah akan memilih cara yang spektakuler untuk 'menarik' perhatian kita. Kadang pula Allah memilih cara yang konvensional dan biasa-biasa aja supaya kita tidak terlalu kaget. Namun cukup membuat kita terkagum2. Yang jelas, semuanya dilakukan Allah untuk memenuhi kebutuhan kita.
Mencukupi dan menyiran kita dengan Kasih KaruniaNya yang menyegarkan 'dahaga' kita.

Selamat menikmati siraman karunia Allah!
Have a blessed week!

No comments: