Wednesday, February 06, 2008

Senin, 040208 -Feels like I've done somthin stupid

Minggu malem engga isa bobok. Sampe Senin pagi. Gile. Walhasil bangun2 badan sakit semua. Perut masih sakit. Kepala sakit lagi. Padahal semalem udah kerokan sampe merah gelap. Hahaha. Masuk angin yang tak kunjung selesai. Efek kecapean kayaknya. Badan belum balek fit. Senin pagi setelah makan sebisanya (masi engga doyan makan) terus berangkat beli DVD. Mau ngeburn DVD buat back up hardisk yang udah beranjak makin penuh. Ambil uang di ATM. Eh.. engga dapet parker. Akhirnya ambil uang di tempat laen. Lha nyampe tempatnya malah ATM nya yang rusak. Astaga! Trus akhirnya belanja aja deh... biar isa ambil tunai. Beli roti tawar, wafer n gula.

Keluar ke parkiran... dapet kasus deh. Kagett. Gimana engga kaget. Tukang parkir nya udah manggil2 aku. Setelah aku liat eh ternyata mobilku udah ditabrak mobil pengirim telur. Tsk tsk tsk... penyok lumayan parah. Kira2 kalau dibenerin bisa abis tu uang 700 ribu an. Weleh. Seberapa keras tabrakan itu... aku engga denger... yang jelas... posisi parkir mobilku sampe miring. Jadi kira2 seberapa keras tabrakannya isa dibayangin ndiri ya. Mobil yang nabrak lampu kiri depan retak... lampu reichting nya pecah berantakan. Phew. Mangkel langsung deh. Pengen ngamuk! Kok ngga ati2 sih nyetirnya. Mobil segini gede masih belum ngeliat apa?! Ato jangan2 engga bisa nyetir? Parkiran segitu gede kok ya masih nabrak mobil orang laen? Sambil ngelanjutin omelan dalem ati... aku majuin moilku atas permintaan dari sopir yang nabrak. Supaya mobilnya engga nabrak sekali lagi. Kayaknya tu mobil udah engga beres rem nya. Wes... wes... :(

Di dalem mobil cuman bilang, "Tuhan, aku harus ngapain ini? Tuhan pengen aku gimana? What would Jesus do on situation like this?"

Abis gitu, dah lumayan tenang. Dah ndak emosi jiwa.
Turun mobil. Nemuin driver n asistennya.
Ekspresi mereka udah tampak was was gitu.
Ndak jelas juga. Tampak bingung.

Dengan kesabaran yang menakjubkan diri sendiri aku tanya, "Ini mobil bapak?"
"Bukan, ini mobilnya majikan," Jawab bapak sopir.
"Majikan Bapak di mana? Mau coba dihubungi?" Tanyaku, dengan harapan akan ada biaya ganti rugi (setelah surve n tanya2 ternyata total untuk perbaikan 1,7 juta hahaha).
Sang Bapak terdiam dan tampak bingung. Ngobrol2 sebentar dengan temannya, salah satu kalimat yang terdengar olehku, "mmm..... mm.... podo wae... gak mungkin...."
Berhubung di parkiran bukan tempat yang teduh, maka aku pun kembali bertanya, "Gimana, pak...? Mau coba tanya majikan sampeyan?"
"Ya... sama saja, mbak... ujung2nya saya juga yang ngganti..."
Waduh! Masa, bapak ini yang ngganti? Hmmm... kok jadi ndak tega ya...
Bapak ini sudah disuru ngganti kerusakan mobil majikannya, masih juga ngganti kerugian mobilku. Wah... bisa abis berapa bulan gaji tu? Trus anak istri nya mau dikasi makan apa selama itu? Punya tabungan yang cukup engga? Jangan2 ntar malah anaknya sampe putus sekolah...

Perasaanku saat itu: pengen nangis. Bukan karena mikiri mobilku yang penyok parah, tapi karena ngeliat ekspresi depresi dari Sang Sopir yang sungguh menimbulkan iba. Dah tampak stress gitu malahan tukang parkir yang tadi malah nyalah2in, "Sampeyan sih... ora nurut... parkir nang kene wae... mesti ora opo2... yo to... saiki malah koyok ngene...!!!"

Mungkin kalau lebih lama lagi aku berada di sana isa nangis sungguan. Hehehe. Akhirnya setelah menghela nafas beberapa kali, aku mendengar suaraku, "Wes, Pak... sampeyan ngomong nang majikane sampeyan... nek mobile butuh dibenerno... rem e wes ora bener... timbange ngko ono kasus meneh... medeni... wes, Pak sampeyan sing ati2 wae yo..."

Trus aku salami tangan Pak Sopir itu dan asistennya. Aku pamitan sama tukang parkir dan meneruskan perjalanan. Beli DVD kosong. Well, sepanjang perjalanan termangu2 sendiri. Benerkah sikap yang udah aku ambil? Terpikir, "Bodoh banget kamu... ndak mau minta ganti rugi... walo cuman 400 atau 500 ribu kan lumayan... kok malah ndak tega... dasar!" Namun saat itu juga teringat akan kisah Yesus yang tergerak oleh belas kasihan terhadap orang banyak (padahal kondisi Yesus saat itu sedang capek dan dilanda kesedihan yang dalam, barusan Dia menerima kabar bahwa sepupuNya telah dihukum mati). Yesus tetap menyembuhkan orang banyak. Walau Yesus tahu... mungkin tangan yang Dia jamah akan berbuat jahat lagi... mungkin kaki yang kini dibuat bisa berjalan akan kembali ke jalan yang sesat lagi... mungkin mulut yang kini dapat berkata2 pada akhirnya akan menghujat Dia... Yesus tahu semua itu... namun... kenapa Dia tetap menyembuhkan mereka? Belas kasihan.

Dan pada saat itulah perasaan tenang itu melingkupiku. Damai sejahtera yang mungkin sudah cukup lama tidak kurasakan, saat itu benar2 nyata. Keintiman dengan Sang Pencipta terasa begitu indah. Syukur kepada Allah untuk waktu dan kesempatan yang boleh kualami. Walau di awal kejadian itu sempet ngomel2 dan perasaan tambah ngga karuan namun Tuhan engga ijinkan hari itu berakhir dengan lebih buruk.

Mungkin kalau dilihat dengan logika manusia, kondisiku engga menjadi lebih baek. Mobil rusak lumayan parah. Padahal sebelumnya masih baek2 aja. Namun aku bersyukur, Tuhan kasi hikmat dan hati yang bisa merasakan apa yang Tuhan mau. Syukur kepada Allah.

No comments: