Tuesday, April 29, 2008

Seratus Hari

Segitu banyak hari yang sudah berlalu sejak Emak dipanggil pulang ke Rumah Bapa di Surga. Tetapi masih teringat jelas di ingatan kronologi kejadian yang aku alami tanggal 20 Januari 2008 yang lalu. Bukannya aku menanti-nantikan hari keseratus ini. Bukannya aku sudah mempersiapkan postingan ini. Bukannya pula aku sudah menghitung dengan tepat kapan hari yang keseratus ini akan tiba. Bukan. Semalem juga aku cuman iseng2 bolak balik ngeliat buku di mana aku biasa nulis catatan tentang firman yang selesai aku baca. Di halaman (hampir) paling belakang aku menemukan tulisan 'cakar ayam' ku yang buruk rupa -hanya aku yang bisa baca- dan di sanalah tertulis detail kronologi yang terjadi di awal tahun ini.

Semalem jadi keinget pengalaman pas kecil. Awal2 dulu nginep di Salatiga, rumah Emak. Disuruh tidur siang ndak mau terus -maklum, anak kecil hahahaha. Sampe akhirnya Emak ngalah n nemeni aku bobok. Dah bobok di kasur masih juga ngajak omong Emak terus. Hahahaha. Dari kecil dah rewel. Ditambah ngomel2 yang panaslah... sumuklah... pengen minumlah... ada wae alesan yang dibuat... hahaha (benere mau panas kayak apa sih Salatiga??! -kalo sekarang sih masih masuk akal, tapi duluuu... 20 tahun yang lalu...). Sampe Emak ngipasi aku ben bobok. Ya akhirnya emang berhasil juga si aku dibuat bobok. Huehehehe. Sekilas memori jaman dulu.

Memori dan ingatan tentang sosok Emak rasanya engga bakalan ilang dari dalam hatiku. Dan yang aku percaya juga engga hilang dari dalam hati banyak orang yang kenal Emak, terutama sekian banyak sepupu-sepupuku. Enam orang anak perempuan. Enam orang menantu. Dua puluh orang cucu. Enam orang buyut -dan segera nambah lagi 2 buyut lagi ^^ bener2 keluarga besaaaaaar. Dan aku rasa engga ada ingatan "buruk" yang tertinggal di dalam hati dan pikiran kami semua. Kami semua sudah dibuat kagum dan bangga. Kesederhanaan Emak sudah menginspirasi kami semua, terutama aku. Apa yang sudah Emak lakukan, dari hal-hal yang kecil Emak lakukan dengan setia. Mungkin hal-hal kecil tersebut tidak membawa perubahan. Tidak menghasilkan sesuatu yang 'berarti' namun Emak selalu melakukannya. Bahkan, di tengah2 proses pengobatan di Shanghai Emak juga engga lupa bawain kita semua oleh2. Isa dibayangin ya... seberapa banyak itu oleh2 yang disiapin buat dibagi2 ke semua anggota keluarga! Luar biasa sungguhan, deh!

Tak tahu kapan kita kan bersua kembali
Namun satu hal yang pasti kita akan bertemu lagi

Sekalipun kini tak lagi kita bertatap muka
Kenangan dan harapan yang Emak teladankan
kan selalu ada di dalam hati

--- a granddaughter misses you ---

3 comments:

Ririn.Cen said...

So sweat.... :)

Pamela Ariani said...

hiks..hiks..rik...jadi inget emak ku juga..jadi kangen banget nih ma emakku yg udah meninggal..

Anonymous said...

alo rik
inget ga yang aku tanya kamu ke semarang kapan? soale aku mau tanya kapan 100 hari ne emakmu, tyt wes lewat ya, hehehe...