Wednesday, August 15, 2007

Raker yang Penuh Berkat ^^ part 2

Yey, nyambung sharing kemaren nih.
Di game tentang komunikasi itu kita dibagi tiga kelompok.
Kelompok satu: andri, john, aku.
Kelompok dua: triton, bu lili, ivana.
Kelompok tiga: lusi, guntur, edwin.
Mang Armand jadi fotografer ^^ hehe.
Terus dari tiap kelompok disuru pilih satu orang yang nantinya akan menjadi penggambar. Dua orang akan berdiri saling membelakangi. Orang pertama melihat kertas yang disediain irwan. Di kertas itu ada sekitar 70 bentukan geometris yang musti 'dibacakan' orang pertama ke orang kedua. Terus orang kedua menyampaikan kepada penggambar. Antara orang kedua dan penggambar ada jarak yang memisahkan. Sekitar 10 langkah jauhnya. Penggambar tidak memiliki hak untuk bertanya balek kepada orang kedua. Jadi mau ndak mau harus menerima segala informasi yang disampaikan tanpa bisa menanyakan kejelasan informasi tsb lebih lanjut. Nah, yang jadi kesulitan berikutnya adalah jarak antara satu kelompok dengan kelompok laen ngga jauh. Jadi isa dibayangin betapa berisiknya kita pas game itu. Hahahaha. Ternyata cukup susah ngebedain suara temen yang satu dengan yang laen, supaya tetep konsen dengan suara temen satu tim kita. Palagi tu si ibu lili kecil2 ternyata suaranya lantang pula. Hahahaha. Pemenang dari game ini (menurut aku:) kelompok 2 -gambar yang paling mirip dengan aslinya. 2 kelompok yang laen (termasuk kelompokku) ancurrr gambarnya hahahaha.

Makna dari games ini:
Suatu hal yang dikomunikasikan (kata favorit di raker kemaren hahahaha) bila tidak disampaikan dengan tepat akan membawa hasil yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Faktor-faktor yang menghambat salah satunya adalah adanya kesalahan dalam pemapaian informasi di dalam 'tubuh' tim itu sendiri. Namun juga ada faktor dari luar, yaitu 'noise' yang seringkali muncul di dalam setiap proses komunikasi (idiihhhh, kayak mata kuliah komunikasi wae... yikes! hahaha).

Thanks a lot to irwan yang uda susah payah mikirian games ini ^^

Terus rapat dilanjutin dengan evaluasi lagi. Wew. Hebat tenan. Evaluasi tok wae sampe 2 sesi rapat. Hahaha. Bener2 ndak nyangka bakalan sampe 2 sesi dewe evaluasi seluruh kegiatan yang uda dilaksanakan sepanjang Januari-awal Agustus 2007 ini. Ohya, di tengah2 evaluasi selain kita evaluasi program, kita juga sempet sharing (atas ide mang armand) tentang pertumbuhan (rohani) yang kita alami selama kepengurusan ini berjalan. Thank God hampir semua nya merasakan terjadi pertumbuhan yang makin baik di dalam kerohanian mereka. Lewat sharing ini aku kembali ngerasa diberkati. Kembali Tuhan ijinkan aku ngerasain n ngeliat adanya pertumbuhan yang Tuhan kerjakan dalam diri tiap rekan2 pelayanan. Wew! Bener2 kesempatan langka. Kotbah Pak Hadi Minggu lalu jadi keinget lagi. Hehehe.

Selesai rapat evaluasi break bentar buat snack (isie raker mangan2 terus rasae yo hahaha). Terus lanjut. Ngebahas visi & misi (wew, topik beratt ooiiii!). Akhirnya macet. Jam setengah 5 uda loyo semua. Hahahaha. Plus ngantuk. Malem pertama kayaknya ngga ada yang isa tidur deh. Yang cowok karena ada .... (hahaha sensor) cik lusi isa bobok dengan sukses, bu lili tampaknya juga ngga ada problema dengan masalah tidur. Ivana ngaku ngga isa bobok. Demikian pula dengan aku. Hahaha. Jadi sore itu uda ngga isa konsen. Akhirnya disepakati bareng kita istirahat dulu. Trus mandi, makan. Lanjut lagi jam tujuh malem buat lanjut bahas visi & misi sie pemuda dewasa. Akhirnya aku bobok lumayan nyenyak tapi jadi ngimpi dengerin kotbah. Hahahaha. Bangun2 sampe kayak orang linglung deh. Denger ada suara dari tetangga yang sayup2 kedengeren tapi yang jelas bukan suara cewek, padahal yang kotbah di dalem ngimpiku itu cewek. Hahaha. Uda ah. Jam 6 mandi, ademmmm oiii. Trus jalan2 keliling2 kompleks. Lumayan dingin, tapi pulang2 jadi lebih anget. Enakk. Makan jadi banyak. Hahaha. Akhirnya kita lanjut rapat sampe jam setengah 11 malem. Penyertaan Tuhan yang luar biasa lewat Roh Kudus-Nya bener2 dinyatakan malem itu. Aku ngga nyangka kalau dalam waktu kurang dari 2 jam visi & misi buat sie pemuda dewasa dinyatakan. Wah wah.. padahal cerita dari mang armand kalau mikirin visi & misi bisa menghabiskan waktu sampai dengan 3 jam lebih. Nah dalam waktu sampai setengah 11 itu kita malah sudah mencapai progress sampai dengan pem'break-down'an dari point2 visi-misi ke dalam bentuk2 acara yang bisa dipakai sebagai strategi pencapaian visi misi tsb, bener2 luar biasa! Plus kita buat agenda rapat buat besok paginya.

Paginya kita ke GKI Bromo. Pak Didik Tri yang kotbah. Hehehe. Pak Didik kasi ilustrasi tentang tisu. Hahaha. (sharing di tempat laen aja yah, kalo di sini isa panjang banget ntar)

Sebelum berangkat ke gereja ada waktu 15 menit buat jalan2 lagi. Kali ini aku ngajak cik lusi. Mosok dia ngga olahraga blas. Hahaha. Kita jalan sampe agak bawah trus naek lagi, ngobrol2 n sempet 'ngincer' satu kavling yang masi kosong di sana buat dijadiin villa kita. Huahaha. Rencana itu kavling mau dibagi dua. Jadi satu buat cik lusi, satu buat aku. Ntar kan isa jadi tetangga. Bertetirah di akhir minggu bersama. Hehehehehe.

Jam 07.30 kita kebaktian dengan kusyuk (saking kusyuknya ada beberapa temen yang terangguk2 tanda mengantuk hahaha) sampe jam 08.45 trus kita pulang ke villa makan pagi. Jam 10.30 kita mulai lagi. Diawali dengan sebuah game yang kembali dipimpin irwan. Di games kali ini kita belajar tentang kepercayaan. Bagaimana sulitnya mempercayai orang lain dan dipercayai orang lain. Hahaha. Kesimpulan dari pembawa game adalah: (berhubung dulu game yang sama uda pernah dibawakan di kalangan remaja) semakin dewasa seseorang, semakin bertambah pengalaman yang didapatnya, maka akan semakin sulit seseorang itu mempercayai orang lain.

Sampai jam 13.00 kita bahas tentang tema2 dan bentuk2 acara secara lebih detil lagi. Trus beres2, bersih2, mengembalikan semua barang ke tempat sediakala, nyapu kotoran2 yang perlu disapu. Kasur2 ditumpuk lagi. Pamitan dengan baek dan benar ke kak li n pak karshana. Trus photo session! Hahaha. Oh, sebelum foto2 guntur mbongkar roda depan mobil ivana. Soale pas malem setelah anter ivana pulang ke rumah cicikke (di komplek puncak tidar pula) diamat2i kok ban e agak berada di posisi yang ngga lazim. Akhire siang itu bongkar tuh ban. Setelah dibongkar n dipasang lagi ternyata ngga ada perubahan yang cukup berarti. Walau andri cukup menghibur guntur yang udah berlelah-lelah dan berkeringat tak sedikit, "Agak ada beda dikit kok, lebih masuk sekian milimeter..." hahahaha. Trus kita makan siang di bakso (ndak tau namae apa). Bener2 nyesel paginya aku makan banyak banget. Hahaha. Sampe dua porsi. Nasi putihnya ludes ta abisin. Gile. Guntur sampe takjub ngeliatin aku. Hahaha. Jadi bakso nya ngga isa banyak2 banget. Tapi ya mengingat tu bakso terbuat dari daging yang jadi salah satu 'musuh' bebuyutanku, nyeselnya ngga berkepanjangan. Malah berakhir dengan ucapan syukur, hehe. Trus pulang. Kita doa buat perjalanan pulang, plus doa buat papa nya yona yang kemaren siang nya masuk rumah sakit karena ada pendarahan di maag nya. Semoga cepet sembuh yah. Senin kemaren di cek. Masih belum ada kabar selanjutnya. Hasil cek nya gimana. Masuk rumah sakit di yogya, betesda (kalo ndak salah denger). Yona tungguin papa nya di sana. Pas minggu itu aku telp yona agak pilek. So doain pula buat yona juga yah.

Perjalanan pulang aku yang setir. Wew. Janjian sama guntur mau iring2an. Guntur yang setir mobil ivana. Mengingat segala kondisi historis yang pernah terjadi pada mobil ivana, mbuat aku cukup was-was. Hehehe. Lewat porong woi. Di sana ngeliat daerah yang sangat gersang. Ngga ada kehidupan. Berkesan kayak kota hantu. Melas dan menyedihkan. Panas nya kerasa sampe dalem mobil. Pohon2 uda ngga ada yang berdaun. Jalanan uda ngga berbentuk aspal lagi. Bergelombang2. Rusak. Debu2 beterbangan dengan sukses. Durasi perjalanan sampai surabaya 2,5 jam. Lebih cepet dari perjalanan berangkat (sampe 3 jam lewat mojosari). Porong pas itu ngga seberapa macet. Cuman ya itu, panasnya... APV diisi 9 orang. Hahaha. Para penumpang cukup berada di kondisi yang tidak nyaman sepanjang perjalanan. Berdesak2an dengan sukses. Mobil ivana juga uda penuh. 4 orang. Sepanjang perjalanan pulang (selama para penumpang ngga bobok) isie guyonnn terus. Hahahaha. Yang jadi korban utama sapa lagi kalo bukan triton. Hahahaha. Dengan postur tubuhnya yang ngga bisa dibilang pendek itu dia cukup 'tertekuk2' duduk di tengah. Hehehe.

Yah itulah sekilas tentang raker kemaren. Banyak hal yang uda terjadi. Banyak hal yang uda dibahas. Kepusingan dan keriangan terjadi di sana. Hehehe. Luar biasa! Dorongan dan semangat yang tercermin dari semua rekan-rekan di sana bener2 nyata terlihat olehku ^^

Special thanks to:
Pak Karshana dan Kak Li yang uda dengan segenap hati meminjamkan tempat plus2 menjadi supplier makanan buat kita semua selama di sana ^^

Thanks a lot for sharing me another precious moment in mine:
triton, cik lusi, ivana, edwin, john
mang armand, bu lili
guntur, andri

No comments: